Total Tayangan Halaman

Jumat, 26 Oktober 2012

Aplikasi Voting Berbasis Flash AS3

Inilah salah satu momen yang membuat saya tertarik untuk mempelajari Flash. Berawal dari SangarX Project dan Genome Project sewaktu SMA, kemudian berlanjut dengan presentasi KKW (Kertas Kerja Wajib) di setiap akhir tahun selama kuliah, dan yang tak kalah seru adalah pada saat pemilihan ketua BEM-BPM AKAMIGAS-STEM. Berikut ini salah satu hasil eksperimen dan trial and error dari berbagai script dan components flash (maklum, otodidak) ketika pemilihan ketua BEM dan BPM tahun 2011-2012 yang menggunakan sistem e-voting. Sebelumnya saya mohon maaf kepada semua kandidat yang wajah-wajahnya masih terpampang di aplikasi ini, hehe. [Itung-itung ngeksis ya freen :)]



Aplikasi voting berbasis flash ini sebenarnya hanya voting sederhana dengan prinsip penjumlahan kandidat yang dipilih, tentunya dengan fasilitas konfirmasi dan pemilihan ulang apabila ada kesalahan dalam melakukan pemilihan. Hal ini guna mem-backup kesalahan pemilih pada saat pelaksanaan voting. Selain itu, hal penting lainnya adalah memastikan bahwa pada setiap kandidat ketua BEM maupun BPM masing-masing hanya dapat dipilih satu saja namun tidak menutup kemungkinan untuk abstain di salah satu kandidat. Sehingga ketika kita klik salah satu kandidat BEM misalnya, maka check box kandidat yang sama akan ternonaktifkan secara otomatis. Untuk mengubah pilihan, maka hilangkan contrengan (uncheck) pada kandidat yang sebelumnya, baru memilih (check) pada kandidat lain yang ingin dipilih.

Kelemahan dari aplikasi voting yang saya buat ini adalah belum terhubung dengan suatu database sehingga untuk sementara kontrol 1 pemilih 1 suara hanya dapat dilakukan secara manual (pengawasan langsung oleh pemilih). Mungkin ke depannya adik-adik di AKAMIGAS-STEM dapat melanjutkan eksperimen ini supaya aplikasi voting lebih sempurna misalnya dengan ditambah login pemilih terlebih dahulu sebelum dapat memilih.
Untuk melihat hasil voting, silakan masukkan password pada text box kanan bawah dan klik tombol di samping kanannya.

password: semangatterbarukan 

2 komentar :

ilhaam. mengatakan...

ada link downloanya nggak kak?

Unknown mengatakan...

Caranya buat gimana ?

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management